Monday 5 January 2015

Karangan Ilmiah (Skripsi, Thesis, dan Disertasi)

Karangan Ilmiah (Skripsi, Thesis, dan Disertasi)

Karya Tulis Ilmiah (Scientific Paper)  
adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Karya ilmiah berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa penjelasan (explanation), prediksi (prediction), dan pengawasan (control).

Karakteristik Karya Ilmiah
       1.      Mengacu pada teori sebagai landasan berpikir 
       2.      Lugas : tidak emosional, tidak menimbulkan interprestasi lain.
       3.      Logis : disusun berdasarkan urutan yang konsisten
       4.      Efektif : ringkas dan padat.
       5.      Efisien : Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
       6.      Objektif berdasarkan fakta : Informasi selalu apa adanya.
       7.      Sistematis : baik penulisan dan pembahasan

Contoh Karya Ilmiah

1. Skripsi
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1). Skripsi menjadi salah satu pembeda antara jenjang pendidikan sarjana (S1) dan diploma (D3).

2. Thesis
Thesis adalah salah satu karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan bahan kajian akademis. Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen-argumen untuk dikemukakan, merupakan hasil dari studi yang sistematis atas masalah, tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Tesis adalah karya ilmiah yang disyaratkan
untuk lulus pendidikan jenjang S2.

3. Disertasi
Disertasi adalah karya ilmiah mahasiswa untuk jenjang pendidikan S3 yang berupaya menciptakan suatu teori baru dengan menguji hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Disertasi berupa paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen.

Karya Ilimah Populer
Karya ilmiah populer adalah Satu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi adalah isinya yang berupa kisah rekaan. Kisah rekaan itu dalam praktik penulisannya juga tidak boleh dibuat sembarangan, unsur-unsur seperti penokohan, plot, konflik, klimaks, setting dsb.

Ciri-ciri karya ilmiah populer :
•ditulis berdasarkan fakta pribadi,
•fakta yang disimpulkan subyektif,
•gaya bahasa konotatif dan populer,
•tidak memuat hipotesis,
•penyajian dibarengi dengan sejarah,
•bersifat imajinatif,
•situasi didramatisir,
•bersifat persuasif.
•tanpa dukungan bukti


macam - macam karya ilmiah populer, yaitu :
1. Cerpen (cerita pendek)
2. Novel (sebuah karya fiksi prosa dan naratif)
3. Dongeng (berdasarkan kisah nyata)
4. Drama ( suatu adegan yang diperankan oleh actor melalui script)

Jurnal Ilmiah
Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis (umumnya peneliti) mempublikasikan artikel ilmiah yang biasanya memberikan kontribusi terhadap teori atau penerarapan ilmu. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih sering untuk bidang ilmu alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain. Berdasarkan versi lain, jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk majalah yang berisi bahan ilmiah yang diterbitkan untuk orang-orang dengan minat khusus (misal: matematika).


Daftar Pustaka


No comments:

Post a Comment