Sunday 25 November 2012

Tugas minggu 8-9


 Minggu 8 – 9

1.Apa yang dimaksud dengan nilai waktu uang dan buat lah 1 contoh perhitungan tentang nilai waktu uang sekarang/saat ini dan nilai uang yang akan datang ?

Nilai waktu uang :
Nilai waktu uang adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.

Contoh :

Contoh 1 :

Uang sekarang Rp 30.000,- nilainya akan sama dengan Rp 30.000 pada akhir tahun à kalau kita tidak memperhatikan nilai waktu unag, maka nilai uang sekarang adalah lebih tingi dari pada uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan.

Contoh 2 :

Uang sekarang Rp 30.000,- nilainya lebih tinggi daripada   Rp 30.000 pada akhir tahun depan, kenapa :

1.     Karena kalau kita memiliki uang Rp 30.000 sekarang dapat disimpan di Bank dengan mendapatkan bunga misal 10 % / tahun, sehingga uang tersebut akan menjadi Rp 33.000

2.     Jadi uang sekarang Rp 30.000 nilainya sama dengan Rp 33.000 pada akhir tahun.


 2. Jelaskan dengan singkat padat alasan mengapa perusahaan membutuhkan dana ?

→Karena perusahaan membutuhkan dana untuk menjalankan perusahaan itu dan untuk membiayai aspek-aspek faktor produksi.


3.Sebutkan apa saja metode penilaian investasi ?
Payback Period (PP)

Adalah satu periode yang diperlukan untuk menutup kembali pengeluaran investasi (initial cash investment) dengan menggunakan aliran kas, dengan kata lain PP merupakan rasio antara initial cash investment dengan cash flow-nya yang hasilnya merupakan satuan waktu.

Net Present Value (NPV)

NPV yaitu selisih antara present value  dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan-penerimaan kas bersih di masa yang akan datang. Untuk menghitung nilai sekarang perlu ditentukan tingkat bunga yg relevan.

Profitability Index (PI)

Penghitungan PI caranya adalah dengan menghitung melalui  perbandingan antara nilai sekarang (present value) dari rencana penerimaan-penerimaan kas bersih di masa yang akan datang dengan nilai sekarang (present value) dari investasi yang telah dilaksanakan. Jadi PI dapat dihitung dengan membandingkan PV kas masuk dengan PV kas keluar.

Internal Rate of  Return(IRR)

Metode ini digunakan untuk mencari tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang dari arus kas yang diharapkan di masa yang akan datang, atau penerimaan kas, dengan mengeluarkan investasi awal.

No comments:

Post a Comment